Apa Itu Zodiak? Inilah Arti Zodiak / Horoskop

zodiak
Apa Itu Zodiak? Sudah tahukah anda arti dari zodiak atau definisi horoskop itu? Sekarang ini sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar kata "zodiak", karena hampir di semua media (koran, TV, radio, internet, dll) membicarakan tentang ramalan zodiak tiap hari.

Nah, khusus bagi anda yang senang dan percaya dengan suatu ramalan bintang, silahkan baca Zodiak Hari Ini atau Zodiak Minggu Ini, selalu di-update setiap hari!

Menurut situs resmi Wikipedia Indonesia, zodiak berasal dari kata Yunani, Zoodiacos Cyclos yang artinya Lingkaran Hewan. Jadi zodiak adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika, tetapi istilah ini dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13.

Dipercaya awal mula konsep ini berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat kemungkinan hanya dengan 6 rasi: Capricornus, Pisces, Taurus, Cancer, Virgo, dan Scorpio, yang kemudian dipecah menjadi 12 karena penampakan tahunan 12 kali Bulan purnama pada bagian-bagian berurutan dari sabuk tersebut.

Di bola langit terdapat garis khayal yang disebut dengan lingkaran ekliptika. Jika diamati dari bumi, semua benda tata surya (planet, Bulan, dan Matahari) beredar di langit mengelilingi lingkaran ekliptika.

Keistimewaan dari ke-13 zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran ekliptika. Rasi-rasi bintang tersebut adalah:
  1. Aries (18 April – 14 Mei). Lama hari = 25.5 hari
  2. Taurus (14 Mei – 21 Juni). Lama = 38.2 hari
  3. Gemini (21 Juni – 20 Juli). Lama = 29.3 hari
  4. Cancer/Kanser (20 Juli – 10 Agustus). Lama = 21.1 hari
  5. Leo (10 Agustus – 16 September). Lama = 36.9 hari
  6. Virgo (16 September – 31 Oktober). Lama = 44.5 hari
  7. Libra (31 Oktober – 21 November). Lama = 21.1 hari
  8. Skorpio (21 November – 29 November). Lama = 8.4 hari
  9. Sagitarius (17 Desember – 20 Januari). Lama = 33.6 hari
  10. Kaprikornus (20 Januari – 16 Februari). Lama = 27.4 hari
  11. Akuarius (16 Februari – 12 Maret). Lama = 23.9 hari
  12. Pises (12 Maret – 19 April). Lama = 37.7 hari
  13. Ofiukus (29 November – 17 Desember). Lama = 18.4 hari

Zodiak dan Astrologi

Astrologi adalah ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda tata surya (planet, bulan, dan matahari) dengan nasib manusia. Karena semua planet, matahari, dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptika, otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak. Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya di dalam zodiak.

Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal Desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius. Kedudukan Matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat 2 macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrolog Barat dan astrolog Indonesia menggunakan zodiak tropikal, dan sejak kini seluruh Dunia Menggunakan zodiak tropical.

Demikian bro&sis arti dan makna Zodiak atau definisi horoskop. Kalau menurut bro&sis, apa sih pengertian zodiak itu? Keluarkan pendapat kalian disini via kolom komentar dibawah ya.. :)

tips hamil
DMCA.comTerimakasih telah membaca “Apa Itu Zodiak? Inilah Arti Zodiak / Horoskop”. Silahkan bagikan artikel / foto / video diatas ke teman-teman Anda dengan mengklik tombol Like, Send, Tweet atau G+. Dan jangan lupa ya berkunjung lagi kesini...
 
netter indonesia
SEO Friendly Blogger Templates Designed by Netter Indonesia and Rumah Minimalis | Powered by Blogger and Google | Lihat versi Mobile
Copyright © 2014 | Thanks to WikiYahooBingYouTubeFacebookTeuku RassyaVerrell BramastaAl GhazaliAhok • All Visitors, etc.