Manfaat Tidur Untuk Kesehatan dan Bagi Kecantikan

Hey ladies & gentleman.. Inilah manfaat tidur untuk kesehatan dan manfaat tidur bagi kecantikan yang wajib Anda ketahui. Sebelum kita mengulas apa saja manfaat tidur malam maupun siang hari, lihat dulu arti mimpi tidur anda tadi malam.  :)

Tidur yang cukup dan berkualitas pada malam hari itu ternyata banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya dapat menghilangkan rasa letih, tidur juga dapat membuat tubuh dan pikiran Anda merasa jauh lebih baik, dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, berat tubuh, kondisi mental, serta bermanfaat untuk kecantikan.

Berikut adalah manfaat menakjubkan dari tidur teratur yang harus kita ketahui, yuk disimak:

manfaat tidur

1. Meningkatkan daya ingat
Saat tidur, tubuh dapat memperkuat memori otak atau keterampilan yang telah Anda pelajari ketika terjaga sebelumnya. Proses ini disebut konsolidasi.

2. Panjang umur
Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan umur pendek. Dalam sebuah studi 2010, wanita usia 50 sampai 79 tahun, lebih banyak kematian terjadi pada wanita yang memiliki waktu tidur kurang dari lima atau lebih dari enam setengah jam tidur per malam.

3. Peradangan
Kondisi ini terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam berisiko mengalami tekanan darah lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan lebih banyak waktu tidur.

4. Memacu kreativitas
Mendapatkan tidur malam / siang yang cukup dapat membuat Anda lebih kreatif. Selain mengkonsolidasi memori dan membuat mereka lebih kuat, otak juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk menata dan merestrukturisasi mereka, yang dapat mengakibatkan lebih banyak kreativitas muncul.

5. Meningkatkan nilai akademik
Anak-anak antara usia 10 dan 16 tahun yang memiliki gangguan pernapasan tidur, termasuk mendengkur, apnea tidur, dan jenis penyakit pernapasan lainnya, lebih cenderung memiliki masalah dengan fokus saat belajar. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan fungsional yang signifikan dalam nilai akademik mereka.

6. Mempertajam fokus
Kurangnya tidur dapat menyebabkan gejala mirip ADHD pada anak-anak. Anak-anak memiliki reaksi yang tidak sama dengan orang dewasa ketika mereka mengalami kurang tidur. Orang dewasa mungkin hanya akan mengantuk, tetapi anak-anak cenderung menjadi hiperaktif.

7. Kontrol berat badan
Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa diet yang baik adalah dengan tidur lelap di malam hari karena itu akan membuat Anda kehilangan 56% lemak dari tubuh Anda. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kurang tidur membuat seseorang merasa lebih mudah lapar.

8. Stres yang lebih rendah
Tidur dapat mengurangi stres, dan itu dapat membuat orang memiliki kontrol yang lebih baik untuk tekanan darah. Efek dari tidur juga berhubungan dengan kadar kolesterol yang memainkan peran penting dalam peningkatan risiko penyakit jantung.


MANFAAT TIDUR BAGI KECANTIKAN

  • Mata Indah
Kandungan manfaat yang didapat ketika kita tidur adalah mata menjadi bersinar. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja yang sering berhadapan dengan komputer. Dengan tidur yang cukup akan mengatasi mata lelah. Tidak hanya itu, tidur yang rutin juga dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata Anda.

  • Kulit Mulus
Setiap wanita pastinya ingin mendapatkan kulit yang lembut, bukan? Tapi bagaimana Anda bisa mendapatkannya jika sering bergadang? Mulai dari sekarang biasakanlah tidur diawal waktu, yaitu maksimal mulai tidur dari jam 10 malam. Dengan begitu, sel-sel kulit Anda dapat ber-regenerasi dan kulit pun dapat bernafas.

  • Mengontol Berat Badan
Anda memiliki masalah dengan berat badan? Pastikan Anda dapat menghabiskan tidur setidaknya selama 6-8 jam. Bahkan, peneliti dari University of Chicago menemukan fakta bahwa orang yang melakukan diet dengan lebih banyak beristirahat akan lebih menurunkan lemak dibanding orang yang kurang istirahat.

  • Stress Hilang
Manfaat lain dari tidur adalah dapat menurunkan kadar stres. Selain dapat mengganggu kesehatan, stres dapat menjadi malapetakan bagi kulit yang mengakibatkan kulit Anda keriput. Oleh karena itu, kunci untuk mengatasinya adalah dengan tidur yang cukup.

  • Cegah Jerawat
Kita semua tahu, jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang paling tidak kita inginkan. Sebelum hal itu terjadi, cegahlah dengan tidur tepat waktu. Tidur dapat membantu mencegah peradangan dan resistensi insulin yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Kulit yang bersih sama dengan istirahat yang baik.

  • Rambut Sehat
Menurut informasi dari para ahli kesehatan ternama, WebMD, tidur yang cukup memiliki peran aktif dalam mempertahankan kesehatan rambut. Bahkan, salah satu penyebab kerontokan bisa disebabkan karena kurangnya tidur. So, sudah tahu kan kunci untuk rambut sehat dan bersinar?

  • Kulit Kenyal
Selain kulit mulus, tentunya Anda pun akan melakukan berbagai macam cara untuk mempertahankan kulit agar selalu kenyal. Salah satu solusi yang paling mudah dan sederhana lagi-lagi adalah tidur. Karena saat tidur, kulit akan memproduksi hormon HGH (Human Growth Hormone) yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kekenyalan kulit.

  • Kulit Kuat
Manfaat tidur yang terakhir yaitu dapat membantu menguatkan kulit untuk melawan polusi dan radiasi bahan kimia. Kulit yang rentan terhadap stres atau kurang tidur akan lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi.


Nah itulah Bro/Sis beberapa manfaat tidur bagi kesehatan tubuh, pikiran dan kecantikan Anda. Yang jelas masih banyak lagi faedah tidur malam / siang yang dapat kita rasakan hingga saat ini.

So, biasakan gaya hidup dengan istirahat yang cukup dan berkualitas. Ingat lagu Rhoma Irama, begadang jangan begadang kalau tiada artinya, karena begadang bisa mengganggu kesehatan kita. Terakhir, semoga bermanfaat untuk kita semua.  :)

Baca juga cara menghilangkan bekas jerawat dan cara menghilangkan komedo.

DMCA.comTerimakasih telah membaca “Manfaat Tidur Untuk Kesehatan dan Bagi Kecantikan”. Silahkan bagikan artikel / foto / video diatas ke teman-teman Anda dengan mengklik tombol Like, Send, Tweet atau G+. Dan jangan lupa ya berkunjung lagi kesini...
 
netter indonesia
SEO Friendly Blogger Templates Designed by Netter Indonesia and Sasak | Powered by Blogger and Google | Lihat versi Mobile
Copyright © 2014 Blog Netter Indonesia - informasi terbaru 2014 | Thanks to WikiYahooBingYouTubeFBDetikKompasVemale • All Visitors, etc.