BANJIR JAKARTA 2013 : Penyebab Banjir di Jakarta

BANJIR JAKARTA 2013 - Musim hujan tiba, saatnya banjir melanda Jakarta.  :(  Seperti yang kita ketahui, bahwa masalah banjir hingga saat ini belum juga terselesaikan di Ibu Kota.

Sejumlah faktor turut menyebabkan banjir Jakarta 2013. Secara umum, telah terjadi perubahan besar pada tata ruang di Jakarta dan kota sekitarnya, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

banjir jakarta
Berikut ada 4 (empat) penyebab banjir di Jakarta seperti dilansir Kompas.com, yuk disimak:
  1. Pertama, berubahnya ruang terbuka hijau di Jakarta menjadi kawasan pembangunan, seperti permukiman, gedung, dan jalan. Resapan air hujan menjadi berkurang dan akhirnya air mengalir ke jalanan.
  2. Kedua, sistem drainase yang buruk di Jakarta. Seharusnya saluran air berujung ke sungai atau laut, melainkan ke daerah resapan atau ke dalam tanah. Pemerintah harus melakukan revitalisasi terhadap sistem drainase di seluruh Jakarta dan jalan-jalan protokol seperti Sarinah, Thamrin, Sudirman, dan lainnya. Pemerintah juga perlu membuat sistem drainase eco-drainase yang mengalirkan air ke sumber resapan.
  3. Ketiga, tidak optimalnya fungsi waduk maupun situ. Dalam catatannya, pada tahun 1990-an, Jakarta memiliki 70 waduk dan 50 situ. Namun, kini hanya tersisa 42 waduk dan 16 situ. Sebanyak 50 persen di antaranya pun tidak berjalan optimal. Waduk-waduk di Jakarta dipenuhi tumbuhan enceng gondok, limbah, dan sampah. Pendangkalan pun terjadi akibat sedimentasi lumpur. Waduk yang akhirnya mengering kemudian dijadikan daerah hunian.
  4. Keempat, belum dilakukannya normalisasi di semua sungai. Menurut pengamat dari Universitas Trisakti ini, pemerintah harus melakukan normalisasi kali sekaligus merelokasi permukiman di bantaran sungai ke tempat yang layak huni.

Untuk itu, solusi masalah banjir Jakarta, tidak hanya dengan melakukan rekayasa teknis seperti membuat sodetan dan gorong-gorong raksasa. Rekayasa sosial atau mengubah pola pikir masyarakat, menurutnya, lebih penting dilakukan. Pemerintah dan masyarakat harus sadar pentingnya ruang terbuka hijau, mengerti bahwa bantaran sungai bukanlah lokasi hunian. Sadar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Rekayasa teknis tidak akan menyelesaikan masalah banjir tanpa adanya kesadaran masyarakat itu sendiri.

Nah itulah bro/sis beberapa penyebab banjir di Jakarta. Bagaimana menurut anda mengenai masalah banjir Jakarta tersebut? Apa saja yang seharusnya dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut? Atau anda punya usul (masukan) untuk cara mencegah & mengatasi banjir yang melanda ibu Kota tersebut? Yuk share disini!   :)

New! Gambar rumah minimalis modern dan lowongan kerja di Bali terbaru.

DMCA.comTerimakasih telah membaca “BANJIR JAKARTA 2013 : Penyebab Banjir di Jakarta”. Silahkan bagikan artikel / foto / video diatas ke teman-teman Anda dengan mengklik tombol Like, Send, Tweet atau G+. Dan jangan lupa ya berkunjung lagi kesini...
 
netter indonesia
SEO Friendly Blogger Templates Designed by Netter Indonesia and Sasak | Powered by Blogger and Google | Lihat versi Mobile
Copyright © 2014 Blog Netter Indonesia - informasi terbaru 2014 | Thanks to WikiYahooBingYouTubeFBDetikKompasVemale • All Visitors, etc.