Apa Itu Internet? Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli Teknologi Informasi

Apa Itu Internet? Sudah tahukah anda apa pengertian internet atau definisi dari jaringan internet itu? Mungkin sahabat Netter masih ada yang belum tahu secara lengkap apa sebenarnya arti dari internet tersebut.

Nah via blog eNetter ini akan kami uraikan tentang definisi internet secara umum dan menurut para ahli teknologi informasi.

1. Menurut Situs Wikipedia Indonesia

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking. Secara harfiah internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah.

Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot (WiFi) dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP), PDA, iPad atau PC Tablet menggunakan fasilitas yang disebut 3G atau GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

internet

2. Pengertian Internet Menurut Para Ahli / Pakar

• Pengertian menurut seorang pakar internet asal Indonesia, Onno W. Purbo menjelaskan bahwa Internet dengan berbagai aplikasinya seperti Web, VoIP, E-mail pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi. (Prihatna, 2005, p7).

• Menurut tim penelitian dan pengembangan wahana komputer (2005, p4), Internet adalah metode untuk menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan global, melalui protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).

• Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun secarafisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umumInternet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalahinformasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimediayang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalambentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada diInternet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.

• Drew Heywood (1996) menerangkan : sejarah Internetbermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD)memerlukan standar baru untuk komunikasi Internetworking. Yaitu standar yangmampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milikkontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringanini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalamkondisi minimum akibat bencana atau perang.

• Definisi menurut strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.

• Menurut O'Brien (2003, p10) Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.

• Menurut Allan (2005, p12) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa internet adalah suatu jaringan komunikasi antara komputer yang besar, mencakup seluruh dunia dan berbasis pada sebuah protokol yang disebut TCP / IP. Selain itu, internet dapat disebut sebagai sumber daya informasi yang dapat digunakan oleh seluruh dunia dalam mencari informasi.

Itulah bro/sis ulasan lengkap tentang apa itu jaringan internet atau definisi / pengertian internet menurut Wikipedia dan beberapa para ahli yang berhasil kami kutip dari berbagai sumber.

Agar dapat mengakses internet sesudah berlangganan dengan Internet Service Provider (ISP) diperlukan perangkat lunak (software) berupa browser internet. Ada beberapa browser yang populer di jagad maya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, IE, Opera, Safari, dll. Silahkan anda download dulu jika belum punya.

Baca juga: pengertian komputer, sejarah internet di dunia & sejarah internet di Indonesia | wallpaper windows 8 | cara download video youtube dengan cepat dan mudah.

tips hamil
DMCA.comTerimakasih telah membaca “Apa Itu Internet? Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli Teknologi Informasi”. Silahkan bagikan artikel / foto / video diatas ke teman-teman Anda dengan mengklik tombol Like, Send, Tweet atau G+. Dan jangan lupa ya berkunjung lagi kesini...
 
netter indonesia
SEO Friendly Blogger Templates Designed by Netter Indonesia and Rumah Minimalis | Powered by Blogger and Google | Lihat versi Mobile
Copyright © 2014 | Thanks to WikiYahooBingYouTubeFacebookTeuku RassyaVerrell BramastaAl GhazaliAhok • All Visitors, etc.