Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

keputihan
Inilah sis.. Penyebab keputihan dan cara mengatasi keputihan secara alami. Sebagian besar para wanita sering mengalami salah satu penyakit ini yang seringkali dibuat tak nyaman karenanya. Lantas, apa penyebab terjadinya keputihan?

Penyebab Keputihan

Seperti yang dilansir wolipop.com, keputihan disebabkan oleh infeksi jamur atau ragi pada vulva atau miss V. Kondisi ini menyebabkan daerah kewanitaan menjadi bau, keluar cairan berwarna putih kekuningan, gatal, rasa terbakar bahkan hingga menjadi bengkak. Jika kondisinya sudah sangat parah bisa membuat orang tersebut sulit berjalan, serta sakit saat buang air kecil atau melakukan hubungan 5eks.

Sebenarnya setiap orang memiliki jamur Candida dalam jumlah kecil di mulut miss V, saluran pencernaan dan kulit. Pada orang yang sehat, bakteri ini bersifat ramah dan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah terjadinya infeksi.

Faktor lain yang bisa memicu keputihan adalah penyakit diabetes, kehamilan, penggunaan antihistamin, stres, menggunakan celana yang ketat sehingga menyebabkan kondisi lembab, serta bahan-bahan kimia yang terkandung di sabun atau detergen.

Bagaimana Cara Alami Mengatasi Keputihan ?

Salah satu cara untuk mencegah keputihan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun ada banyak cara lain yang lebih sederhana untuk mencegah keputihan terjadi. Apa saja? Yuk disimak:
  • Mengurangi konsumsi gula dan alkohol, karena dapat membantu perkembangan dari jamur Candida.
  • Menghindari penggunaan cairan pembersih miss V. Cairan ini dapat mengubah tingkat keasaman normal miss V sehingga meningkatkan risiko infeksi serta menimbulkan peradangan.
  • Menghindari penggunaan pakaian atau celana yang ketat karena dapat menghalangi aliran udara, sebaiknya gunakan pakaian dari bahan katun.
  • Membilas miss V dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya kuman dari anus.
  • Biasakan untuk mengeringkan bagian luar miss V dengan menggunakan tisu atau lap handuk bersih setelah buang air kecil atau besar.
  • Menghindari penggunaan pantyliners beraroma atau secara terus-menerus setiap hari, karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Mengonsumsi bawang putih, karena diyakini memiliki kandungan anti jamur alami.
  • Mengonsumsi susu atau yogurt karena mengandung bakteri acidophilus yang membantu menjaga bakteri tetap seimbang.

Nah itulah sis.. beberapa cara mengatasi keputihan secara alami dan sederhana. Silahkan dicoba ya tips-tips diatas agar permasalahan yang terjadi di areal Miss V anda segera sembuh. Semoga berhasil!

Mungkin perlu anda baca juga artikel kesehatan kami yang lainnya seperti cara cepat hamil, makanan penyubur agar cepat hamil, cara mengobati jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, cara mengecilkan perut buncit dan ciri ciri wanita hamil. Semoga bermanfaat!

DMCA.comTerimakasih telah membaca “Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami”. Silahkan bagikan artikel / foto / video diatas ke teman-teman Anda dengan mengklik tombol Like, Send, Tweet atau G+. Dan jangan lupa ya berkunjung lagi kesini...
 
netter indonesia
SEO Friendly Blogger Templates Designed by Netter Indonesia and Rumah Minimalis | Powered by Blogger and Google | Lihat versi Mobile
Copyright © 2014 | Thanks to WikiYahooBingYouTubeFacebookTeuku RassyaVerrell BramastaAl GhazaliAhok • All Visitors, etc.